Program PerpuSeru (Perputsakaan Seru)

PerpuSeru (Perpustakaan Seru) Merupakan Program Mitra Kerja PT. Coca Cola Foundation Indonesia dan Perpustakaan Nasional RI dengan bertujuan Menjadikan Perpustakaan di setiap Daerah menjadi Pusat Belajar dan Berkegiatan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ).

Untuk Indonesia Bagian Timur Program PerpuSeru baru Hadir awal Tahun 2016 di Beberapa Provinsi yaitu Provinsi NTT, Provinsi Maluku, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Provinsi Papua Barat yang Mendapatkan Bantuan dan Kesempatan Untuk Menerima Program PerpuSeru Yaitu Kabupaten Sorong dan Kabupaten Raja Ampat.
Bantuan Yayasan Coca-Cola Indonesia Program PerpuSeru Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sorong berupa empat unit computer seperti pada gambar dibawah ini:

 

Empat unit computer untuk internet

Pengembangan Program PerpuSeru yang Sudah Dilakukan Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sorong Adalah Sebagai Berikut :

  1. Program Kitong Papua Juga Bisa
  2. Program Papua Pintar Komputer (P3K)
  3. Kursus Kilat Sempoa
  4. Kelas Motivasi

Dari Setiap Kegiatan Pelibatan Masyarakat yang Dilakukan Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sorong, Maka PT.Coca – Cola Foudation Indonesia memberikan Bantuan Program PerpuSeru untuk Replikasi 2 ( Dua ) Kelurahan Perpustakaan Mitra Kabupaten Sorong Yaitu :

  1. Kelurahan Aimas
  2. Kelurahan Klabinian

Koordinasi Bagi 2 ( dua ) Kelurahan :

Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Pelatihan Komputer dan Internet Dasar bagi Penngelola, Masyarakat, Staf Kelurahan, dan Puskesmas Kelurahan.

 

Coca -Cola Foundation juga melibatkan Kepala Dinas dan Staf Perpustakaan Kabupaten dalam Berbagai Kegiatan Yaitu :

Pelatihan Sistem Pengelolah Informasi Program Perpustakaan.
Solo, 20-23 Juni 2016

       Lokakarya Sharing Strategi Sukses Pencapaian Perpustakaan dan Pembelajaran.
        Jakarta, 7 – 10 September 2016

Peer Learning Meeting National 2016.
Makassar, 31 Oktober – 2 November 2016

 


Stand Pameran Perpustakaan Kabupaten Sorong Saat PLM yang di Hadiri Wakil Bupati Sorong, SUKA HARJONO, S.Sos, M.Si

Penyerahan Penghargaan Pada PLM dari Coca – Cola Foundation Kepada Kabupaten Sorong yang diterima Langsung Oleh Bpk. Wakil Bupati  SUKA HARJONO, S.Sos, M.Si

Penerimaan Penghargaan di PLM, Juara Lomba Inovasi Terbaik Se- Kabupaten Region 4 ( Empat ) Program PerpuSeru, yang diterima langsung oleh Kepla Dinas Perpustakaan Kabupaten Sorong  YOAB MAYOR, SH. MSi

 

        LOKAKARYA TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN DESA
        Solo, 8 – 9 Desember 2016

PELATIHAN FASILITATOR PERPUSERU, PERLUASAN TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN DESA UNTUK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (Human Capital Development)
Jakarta, 22 – 27 Januari 2017

 

 

 

 

LOKAKARYA MEMBANGUN EKOSISTEM TRANFORMASI PERPUSTAKAAN BERKELANJUTAN
Jogjakarta, 14 – 16 Maret 2017