Arah Kebijakan

 Untuk mencapai visi dan misi, maka arah kebijakan pembangunan yang ditetapkan, yaitu :

 

  1. Menciptakan masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri, dan sejahtera dengan membangun keunggulan komperatif dan kompetitif yang didukung oleh kapasitas SDM yang berkualitas serta kapasitas Kelembagan pemerintahan yang Terintegrasi.
  2. Membuka isolasi daerah guna mendorong percepatan pembangunan dan pertumbuhan distrik-distrik strategis dan  cepat tumbuh sehingga dapat menjadi motor penggerak bagi daerah-daerah tertinggal di sekitarnya dalam satu bsistem wilayah pengembangan ekonomi yang strategis serta akselerasi keberpihakan untuk mengembangkan daerah- daerah tertinggal dan terpencil sehingga dapat tumbuh dan berkembang mengejar ketertinggalan  pembangunannya.
  3. Menciptakan pemerataan pertumbuhan ekonomi termasuk membentuk kemandirian sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Sorong dengan memanfaatkan potensi wilayah secara optimal dan mendorong usaha-usaha untuk mengurangi Ketergantungan pada sumber daya yang yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable) kepada sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resurces) menuju masyarakat yang berkualitas, maju, dan mandiri, dalam keanekaragaman penduduk dan kegiatannya.
  4. Meningkatkan ketahanan pangan dan ketersediaan perumahan guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dengan mendorong peranserta berbagai sektor yang memiliki akses terhadap sumber daya produktif terutama sumber permodalan sehingga  dapat menopang akselerasi akses masyarakat terhadap pelayanan kebutuhan dasar.
  5. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik melalui keterbukaan, akuntabilitas, efektivitas, dan efisien, serta membuka partisipasi masyarakat yang dapat menjamin kelancaran, keserasian, dan keterpaduan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sehingga terjadi perubahan yang efektif dan efisien pada sistem ketatalaksanaan,tersedia sumber daya manusia aparatur kualitas, dan sistem pengawasan yang efektif.
  6. Meningkatkan penegakan hukum dengan menerapkan hukum secara tegas, adil, dan tidak diskriminatif serta meningkatkan peranserta masyarakat untuk mencegah kriminalitas sehingga dapat menciptakan kondisi aman, damai, tertib, dan tenteram di masyarakat.