Strategi

Strategi yang ditempuh untuk membangun Kabupaten Sorong sesuai dengan visi dan misi, yaitu :

  • Strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia, dimaksudkan untuk pemenuhan hak dasar rakyat dan penciptaan landasan pembangunan yang kokoh melalui peningkatan nilai Indek Pembangunan Manusia  (IPM). Hak-hak dasar rakyat dalam bentuk bebas dari kemiskinan, pengganguran, keterbelakangan,ketidakadilan,penindasan,dan rasa takut serta kebebasan untuk mengemukakan pikiran dan pendapat saling sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.Landasan yang kokoh diperlukan bagi pembangunan dan generasi mendatang yang lebih baik.
  • Strategi penerobosan isolasi daerah dimaksudkan untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur sebagai daya dukung terhadap pengelolaan sumber daya sesuai dengan potensi yang dimiliki guna meningkatkan produktivitas.
  • Strategi peningkatan pemberdayaan ekonomi rakyat dan  pengembangan hasil produksi daerah dimaksudkan untuk mendorong sektor perekonomian guna meningkatkan akses pendapatan masyarakat, memperkuat kelembagaan ekonomi baik skala mikro maupun makro dengan pengembangan ekonomi yang berorientasi pada peningkatan kemampuan daerah yang disertai dengan penguatan institusi baik publik mapun pasar.
  • Stategi peningkatan pembangunan kapasitas daerah dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan publik dalam penyelenggaraan pembangunan, pemerintahan, dan kemasayarakatan sebagai bagian dari upaya memulihkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap kinerja aparatur sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik.
  • Strategi menciptakan kondisi aman, damai, tertib, dan tenteram dalam kehidupan masyarakat adalah untuk menciptakan kondisi yang dapat dijadikan sebagai dasar sekaligus dapat menjadi inspirasi pemerintah daerah dalam merancangbangun langkah dan kebijakan-kebijakan dalam proses pelaksanaan pembangunan daerah.
  • Kondisi kehidupan dengan tatanan dan perangkat kebersamaan sosial, saling menghargai dan menghormati dalam nuansa kebhinekaan, menerima dan menghargai nilai-nilai budaya lokal dengan tidak menafikan pengaruh budaya luar (proses akulturasi budaya), terciptanya rasa aman yang berbasis ketahanan pribadi dan masyarakat.

 

 

 

 

Pemkab Sorong COPYRIGHT © 2016