Sektor Pertanian

Berdasarkan Laporan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sorong, Komoditi tanaman pangan di Kabupaten Sorong adalah padi, jagung, kedelei, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar dan  keladi, Berikut, data Luas tanam, Luas panen dan Produksi  komoditas tanaman pangan tahun 2014 seperti pada tabel berikut:

 Realisasi Luas Tanam, Luas Panen dan Produksi Tanaman Pangan Kabupaten Sorong Tahun 2014

Tabel di atas menunjukan ,produksi padi mencapai 6244 ton  dan merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan jumlah produksi komoditas tanaman pangan yang lain. Berikutnya produksi ubi jalar mencapai 2237 ton dan produksi  ubi kayu  sebanyak  1925 Ton. Selanjutnya kedelei dan kacang hijau  memiliki jumlah produksi rendah dibandingkan dengan komoditi yang lain.

Data Produksi  Komoditi tanaman pangan  dalam grafik berikut ini:

Produksi Komoditi Tanaman Pangan Kabupaten Sorong Tahun 2014

Kabupaten Sorong memiliki potensi sumber daya lahan yang masih sangat luas untuk pengembangan usaha tani sub sektor tanaman pangan dan hortikultura. Kondisi potensi sumber daya lahan di Kabupaten Sorong dapat di lihat pada tabel berikut:

Berdasarkan  tabel diatas dapat dilihat bahwa potensi lahan, baik lahan kering maupun lahan basah    masih luas, yakni 11,178 hektar. Lahan yang telah diolah seluas 2,745, hektar sedangkan lahan yang belum diolah seluas 6,935 hektar dan lahan tidur 1,498 hektar.

Pemkab Sorong COPYRIGHT © 2016